Thursday, February 25, 2010

Netbook Advan Vanbook A1N-70T

Kali pertama "terjun" kedunia komputer gw milih PC daripada Laptop, alasannya karena PC bisa dipake sesuka hati tanpa ada rasa was-was or "eman-eman". Al_hasil PCx sering banget di pake untuk kerja berat, main game kayak PES, Resident Evil, Rome Total War, NFS Most Wanted & Underground dkk, trus buat Design grafis  atau buat editing Video and Recording + Edit lagu. Disamping itu jg untuk hal-hal kecil lainnya sprti ketik makalah, proposal atau hanya untuk sekedar nonton film and dengerin musik.

Ketika umur berkurang (baca: semakin tua) baru sadar kalo ternyata selama ini waktu cuma buat dihabiskan sama hal-hal sampingan (paling khusus buat main game), maka saya memperbaiki niat untuk fokus pada tujuan utama sebagai mahasiswa semester akhir, skripsi trus Wisuda. Maka keputusan terakhir saya: jual computer and nyari Laptop sebagai penggantinya, dengan untuk mengendalikan nafsu untuk main game (soalnya kalo Laptop kan ada rasa was-was buat dipake kerja berat).

Komputernya laku 3jt, and itu modal awal buat nyari penggantinya. Sebagai langkah awal pencarian saya browsing di Internet harga laptop yang berkualitas dan harganya sesuai, hasilnya saya mendapatkan kalo SEBAGIAN laptop keluaran luar negeri kyk Accer, Toshiba, dkk yang tersebar di Indonesia dengan harga murah hanya merupakan laptop bajakan atau pun tiruan. Maka saya memalingkan pencarian pada produk Indonesia, hitung2 dalam rangka mencintai produk Indonesia. Disamping itu saya mencari di brosur-brosur harga komputer di beberapa toko komputer terdekat.

Di toko komputer yang saya tuju, ditawarkan beberapa laptop dengan harga de bawah 3jt, baik dari produk luar negeri maupun dalam negeri. Dari situ saya melihat Netbook Advan Vanbook A1N-70T, kesan pertama biasa aja bahkan bisa disebut kurang tertarik karena modelnya yang baku dan vakum serta merknya yang "agak" kurang umum. Setelah melihat Spesifikasinya ternyata Netbook ini  didukung oleh Prosesor Intel Atom N270 1,6 Ghz, dengan Memory DDR 2 1 Gb, HDD WDC 160 Gb, Wi-Fi, Card Reader, Webcam 1,3 Mp, serta kemampuan hidup discharging (dengan keadaan normal) selama 3 jam, disamping itu harganya pada waktu itu (Januari 2010) hanya 2,6 jt. Setelah pemikiran agak lama dan sadar akan kekurangan dana yang dimiliki, akhirnya saya memberanikan diri memboyong Netbook ini mengingat perbandingan harga yang jauh antara anatara netbook ini dengan netbook lainnya yang spesifikasinya agak sama.

Selama ini netbooknya fine-fine saja dan tidak rewel bahkan dipakai untuk kerja design grafis ternyata tidak ada masalah, hal ini karena dukungan oleh Prosesor Intel Atom N270 1,6 Ghz serta memory DDR 2 1 Gb. Netbook ini pula mendukung OS kayak XP pack III, bahkan sekarang saya memakai dua OS: Windows 7 dan Linux Ubuntu 9.10. Semua "perlengkapannya" bisa dipakai di semua OS di atas, seperti Audio, Video, Touchpad, Webcam, Wi-Fi, Cardreader dkk. Drivernya bisa langsung di Install dari CD Driver bawaan, tapi pengecualian terdapat pada Ubuntu karena penginstalan harus melalui internet (hal ini gak masalah, karena penginstalan driver apa saja pada OS Linux sebagian besar harus connect ke Internet). Di samping itu hal lain yang membuat saya jatuh hati pada Netbook ini adalah penerimaan sinyal wirelessnya yang kuat, layarnya yang gak terlalu kecil untuk ukuran Netbook sejenisnya, keyboardnya yang lumayan besar sehingga memudahkan untuk mengetik, serta HDD keluaran WDC dengan kapasitas 160 Gb yang memungkinkan penyimpanan file baik dokumen maupun multimedia yang lumayan banyak.

Tapi bukan berarti Netbook Advan Vanbook A1N-70T ini tidak punya kekurangan, seperti yang dikatakan diatas netbook ini mempunyai style yang vakum dan kurang menarik tapi hal ini dapat tampaknya diimbangi dengan 3 pilihan warna yang tersedia. Kemudian suara keluaran speaker netbook ini kecil walaupun udah disetting maksimal dan agak cempreng, trus touchpad yang kurang besar sehingga kurang leluasa untuk menggerakkan pointer, tapi kalo memakai Sound Speaker atau Headphone dan Mouse USB masalah ini dapat dipecahkan. Trus yang terakhir Merknya yang kurang dikenal, tapi terkenalnya suatu merk tidak menjamin kwalitas yang diusungnya, satu hal lagi merk yang terakhir rentan dengan bajakan ataupun tiruan sehingga membuka kesempatan besar bagi konsumen untuk terjebak didalamnya,

Sebagai tambahan berikut saya tampilkan nilai indeks experience Windows Seven Ultimate untuk laptop Advan Vanbook A1N-70T milik saya :

25 comments:

  1. assalamualaikum

    mas minta bantuannya cara install driver wifi netbook advan ini di ubuntu, soalnya saya pake ubuntu lucid lynx yg buat netbook wifi nya belum kedetek nih.

    help nuhun

    ReplyDelete
  2. Wa'alaika as_salam

    Coba lihat di postingan saya pada bulan Februari 2010 mengenai pengistalan wi-fi Advan (Ralink RT3010)di Ubuntu

    Semoga membantu..

    ReplyDelete
  3. assalamu alaikum

    mas, saya hbs instal win7. tp soundx n webcamx gk ada. Solusinya gmn ya mas????

    Tolong dong....

    ReplyDelete
  4. Sound sama webcamx kalo gak langsung ke install otomatis sm win7, bisa anda Install secara manual dari driver bawaan laptop...

    Kalo webcam utk win7 mmg gak kyk XP yang langsung bisa klhtan lngsng dari windows explorer, aplikasinya harus di jalankan dulu...

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum...
    mas aku baru coba instal ubuntu 10.04, gimana cara aktifin blututnya ya? padahal kalo pake windows bisa pake blututnya. trims sebelumnya.
    wifi juga belum kedetek, tapi karena saya pake modem external jadi bisa saya abaikan. tapi akan saya coba juga deh artikel tentang wifinya. trims

    ReplyDelete
  6. W'alaika...

    Mmm....
    Maaaf mas, Advan A1N70T gak ada bluetoothx, jd ya gak pernah nyari thu gmna ngnstallnya...

    But Insy4llah ntar saya pnjam lptop tmn yg ada bluetoothx buat di jadiin kucing percobaan...

    ReplyDelete
  7. mas saya minta drivernya donk..
    soalnya beberapa drivernya susah nyarinya...
    tombol "fn+pageup dan fn+pagedownya gak bisa...
    jadi gak bisa ngatur volume pke shortcut...
    tolong bantuannya mas...
    wassalam...

    ReplyDelete
  8. Driver advan bs di download gratis dari websitex advan...

    Ni alamatx :
    http://www.advandigital.com/download.php

    ReplyDelete
  9. Download driver webcamnya dimana?
    Di situs advan gak tersedia euy...

    Thx B4

    ReplyDelete
  10. assalammu'alaikum

    saya mengalami hal yg sama dengan mas hendra, bahwa bluetooth tidak dapat terdeteksi pada ubuntu 9.10
    apakah ada solusinya??

    ReplyDelete
  11. mz,ada driver wifi win 7 untuk a1n70t . thanx

    ReplyDelete
  12. Permisi.....
    Saya rencana mau instal Win 7, tp masih bingung caranya....
    Kelebihan dan kekurangan menggunakan Windows 7 untuk Netbook Advan ini apa ya...?
    Mohon panduannya
    Email: khaerizobocity@yahoo.co.id

    Terimakasih sebelumnya untuk bantuannya.

    ReplyDelete
  13. Driver wifi bawaan Advan bisa di pake di Win 7..
    Trus sampe saat ini saya pake win 7 di advan fine2 aja....

    ReplyDelete
  14. masalahnya drivernya kita gak ada hilang di antah berantah. mana sudah di instal wind7 lage. malah hilang wifinya sama drivernya. soundnya juga gak ada. pusing. sudah 2 hari tanya sam MBAh GOogle Juga Gak Ada solusinya. Ada yang bisa Bantu Gak Para Juragan Sekalian.

    ReplyDelete
  15. Wah ok banget nih artikel... Kalo ada waktu silahkan mampir ane jamin ga bakalan rugi http://nofianto777.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. Assalamu'alaikum mas salman..

    Netbook saya advan A1N70T dengan spesifikasi yang sama dengan punya anda. sebulan yang lalu saya pakai XP, lalu karena ada indikasi infeksi virus, saya dianjurkan install ulang.. lalu saya coba ke win 7.. hasilnya oke, tapi ada 2 kekurangan.. sound drivernya dan webcamnya belum berfungsi sampai saat ini.. baik CD driver bawaan maupun CD win 7-nya sudah dicoba.. saya sudah mencoba download ke advandigital.com.. setelah selesai di download dalam format winrar, kemudian saya buka, eh gak bisa pak.. malah ada tulisan C:\users\user\download\audio-G2T-66S-G2D-44-GT-66NS-G4i-35312T-P1N45125.rar unexpected end of archive.. terkadang winrar tersebut juga meminta password.. bisa tolong bantuannya? apa yang harus saya lakukan? terima kasih.. send email ke cateringkita2011@gmail.com aja pak.. maaf merepotkan..

    ReplyDelete
  17. Untuk driver sounnya coba install dari cd driver bawaan tapi secara manual, jangan dari autorunx...
    Browse foldernya trs piih sound kemudian pilih versi yang disediakan untuk vista....

    ReplyDelete
  18. iya nih, webcam masih belum jalan ...

    gimana ya ?

    ReplyDelete
  19. assalamualaikum wr. wb
    afwan bisa minta tolong advan a1n 70 punya ane setelah instal win7 wifi bluetooth , web cam drivernya hilang... keping driver aslinya dah hilang, bisa nyarikan drivernya tx

    ReplyDelete
  20. ASSKUM.MAS AQ ADA MASALAH PADA DRIVER ADVAN A1N-70T UNTUK WIN XP AQ UDA MASUK SITUS RESMI ADVAN YG MAS TUNJUKIN TP SAAT CARI TIPEX A1N-70T GAK TECANTUM BANYAK KALI DRIVERX GAK ADA GIMANA NI MAS UDA KELILING MA OM GOOGLE TETAP AJE NDA DAPET DI BANTUIN YA MAS

    ReplyDelete
  21. Pda nyari driver semua ya...
    Ntar ane idzin dl dech buat upload...

    Soal soun di win7 mmg harus di install manual, pilih folder sound trs pilih yang versi utk vista, kl pun terjadi error ketika extractx berarti file tsb udh rusak A.K.A terinfeksi virus...

    Kl webcam udah langsung bisa koq, cb install YM trs cb webcamx....

    ReplyDelete
  22. kasus mas sama dgn saya.... sampai saat in saya msh menggunakan vanbook advan a1n-70t...
    kira2 vga nya bisa di upgrade gak?

    ReplyDelete
  23. http://www.reyarifin.com/2011/10/driver-laptop-netbook-advan-a1n70t-for_20.html

    sy gak punya netbook ini, just sharing aja infonya..

    ReplyDelete
  24. mau nanya dong :)
    cara download buat webcam advan vanbook A1N-70T itu dimana sih :( ??
    aku udah punya aplikasinya, tapi pas webcam videonya kok gak ada suaranya :(.
    selain itu cari dimana ya aplikasi webcam camera and webcam videonya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah..., ni dia kasusx...
      sama, saya jga kadang kl pengen ber"sinta-jojo" ria dpan webcam gak bisa2, masalahnya gitu; ada gmbarnya tapi gak ada suaranya...
      Mohon maaf, sampe skrg saya jga blm menemukan aplikasi yg tepat...

      Delete